Perangkat Keras : Input dan Output

Input dan Output

Input adalah data yang dimasukkan ke computer agar bisa diproses. Input mencakup instruksi program yang diterima CPU setelah ada perintah dari pengguna. Sedangkan output menunjuk pada hasil pemrosesan, yaitu informasi yang terkirim ke layar atau printer, untuk disimpan, atau dikirim ke computer lain di jaringan.

Perangkat keras input terdiri dari piranti yang mampu menerjemahkan data ke dalam bentuk yang bisa diproses computer. Bentuk data yang bisa dibaca manusia berupa kata-kata sedangkan data yang bisa dibaca computer berupa angka biner 0 dan 1.

Perangkat keras output terdiri dari piranti yang bisa menerjemahkan informasi yang diterjemahkan yang diproses oleh computer ke dalam bentuk yang mampu dipahami oleh manusia.

Perangkat Keras Input

Secara umum perangkat keras input dapat dikategorikan menjadi tiga bentuk, yakni : keyboard, alat penunjuk, dan alat entri data sumber. Biasanya sebuah computer dilengkapi dengan ketiga alat tersebut.

Keyboard

Keyboard adalah sebuah alat untuk mengubah huruf, angka, dan karakter lain ke dalam bentuk sinyal elektrik yang dapat dibaca prosesor computer. Keyboard bisa melakukan hal ini dengan bantuan prosesor dan jarring-jaring sirkuit yang berada di bawah tuts. Saat kita menekan tuts, arus listrik yang melalui sirkuit akan terputus. Prosesor mencari letaknya dan membandingkan lokasi informasi dengan peta karakter yang tersimpan di chip ROM keyboard. Informasi karakter tersebut akan tersimpan sementara di buffer memori keyboard. Selanjutnya keyboard akan mengirim aliran data ke PC melalui koneksi kabel atau nirkabel. Komputer mempunyai kontroler keyboard, yaitu sebuah sirkuit terintegrasi yang bertugas memproses semua data yang berasal dari keyboard lalu meneruskannya ke system operasi.

Di dalam keyboard computer, setiap tuts menduduki lingkaran plastic kecil dan fleksibel dengan karbon keras di tengahnya. Ketika tuts ditekan, sebuah alat di bawah tuts tertekan ke bawah menyentuh lingkaran plastic tersebut. Akibatnya, karbon pun ikut ke bawah dan menekan sirkuit keyboard untuk membentuk sirkuit elektrik dan mengirim sinyal ke computer.

Keyboard dan Terminal Khusus

Berikut ini beberapa macam terminal yang bisa kita temui:

· Dumb Terminal. Disebut juga video display terminal, memiliki layar tampilan dan keyboard serta bisa berfungsi sebagai alat input dan output meski tidak bisa memproses data.

· Terminal Cerdas. Memiliki memori dan prosesor sendiri, selain layar dan keyboard. Contohnya adalah mesin ATM, sebuah mesin bank yang terhubung ke computer pusat melalui jaringan telepon.

· Terminal Internet. Menyediakan akses ke internet, bisa tersambung langsung ke browser.

Alat Penunjuk

Alat penunjuk mengontrol posisi kursor atau pointer di layar dan memungkinkan pengguna memilih opsi-opsi yang tampil di layar. Alat penunjuk bisa berupa mouse, touchscreen, dan pena stylus.

Mouse

Alat penunjuk utama dalam computer, sebuah alat yang bisa digerak-gerakkan di atas mouse pad meja dan berfungsi untuk mengarahkan pointer pada layar computer. Ada tiga varian mouse, yakni Trackball, Pointing Stick, dan Touchpad.

Layar Sentuh (touch screen)

Touch screen adalah layar video sensitive sehingga bisa menerima input dari sentuhan jari. Tekanan jari bisa membentuk hubungan arus listrik antar lapisan, mengurangi arus listrik pada titik sentuh, atau malah menghalangi medan listrik. Perubahan arus listrik ini selanjutnya membentuk sinyal yang terkirim ke computer. Anda bisa meminta informasi dengan menekan tombol atau menu yang tampil di layar. Respon terhadap permintaan tersebut bisa ditampilkan ke dalam bentuk kata atau gambar di layar. Kita bisa menemukan layar sentuh pada kiosk, ATM, direktori pariwisata di bandara, layar TV hotel, maupun kiosk informasi kampus.

Input Pen

· Sistem computer berbasis pen. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk memasukkan tulisan tangan dan catatan ke layar computer dengan stylus, bukan mengetik di keyboard. Stylus adalah alat mirip pena yang dipakai untuk menuliskan teks atau menggambar garis pada layar yang sensitive sebagai input bagi computer. Komputer pen menggunakan software pengenal tulisan tangan (handwriting recognition) yang mampu menerjemahkan karakter tulisan tangan yang dibuat oleh stylus ke dalam bentuk data yang bisa dipakai di computer. Pengenal tulisan tangan sering dipakai sebagai metode input pada PDA dan system video game genggam.

· Pena cahaya. Disebut juga light pen, adalah alat input seperti pen yang peka cahaya dan menggunakan koneksi kabel ke terminal computer. Pengguna menggunakan pena ke titik yang diinginkan pada layar dan menekan tombol pen sebagai identifikasi lokasi layar di computer.

· Digitizer. Alat ini menggunakan pena elektronik atau alat salin semacam mouse yang disebut puck untuk mengubah gambar dan foto ke dalam bentuk data digital. Salah satu bentuk digitizer adalah digitizing tablet, yang banyak dipakai dalam aplikasi teknik dan arsitektur, di mana lokasi tertentu di papan plastic elektronik berkorespondensi dengan lokasi di layar.

Read more » " title="Share this article on Delicious">Read more » " title="Share this article on Digg">

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Comments links could be nofollow free.

Improve the web with Nofollow Reciprocity.